Anda belum login :: 23 Nov 2024 15:40 WIB
Detail
ArtikelClustering Tipe Belajar Siswa Smkn 2 Penajam Paser Utara dengan Penerapan Metode Data Mining K-Means dan Fuzzy C-Means (FCM)  
Oleh: Andrea, Reza ; Palupi, Shinta ; Qomariah, Siti
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian Pos dan Informatika vol. 7 no. 2 (Dec. 2017), page 121-128.
Topik: Data mining; tipe belajar; clustering; FCM; K-Means
Fulltext: 126-580-1-PB_Ros.pdf (418.38KB)
Isi artikelKetidakmampuan siswa dalam menyerap berbagai pengetahuan yang disampaikan oleh guru bukan dikarenakan ketidakmampuan pemahamannya dan bukan pula dikarenakan guru tidak mampu mengajar, melainkan dikarenakan ketidakcocokan gaya belajar antara siswa dan guru, sehingga siswa merasa tidak nyaman belajar pada guru tertentu. Hal tersebut juga terjadi di SMKN 2 Penajam Paser Utara, sehingga perlu dilakukan penelitian ini, untuk menganalisis cluster (kelompok) tipe belajar siswa dengan menerapkan metode data mining yaitu K-Means dan Fuzzy C-means. Tujua adalah mengetahui keefektivan clustering tipe belajar ini terhadap perkembangan daya serap dan peningkatan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan untuk melakukan clustering tipe belajar dengan proses data mining dimulai dari tahap data cleaning, data selection, data transformation, penambangan data, pattern evolution, dan pengembangan pengetahuan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)