Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:35 WIB
Detail
ArtikelIklan Komersial di Televisi dan Persoalan Etika  
Oleh: Kartikawangi, Dorien
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Respons: Jurnal Etika Sosial vol. 6 no. 1 (Aug. 2001), page 17-24.
Topik: Mass media; Mass Media; Advertising; Iklan Komersial; Televisi; Persoalan Etika
Fulltext: Iklan Komersial di Televisi dan Persoalan Etika.pdf (6.82MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: RR11.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: R20
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPada satu sisi, Iklan-iklan komersial yang tampil di media televisi merupakan suatu hiburan yang menarik, tetapi pada sisi yang lain, sebagian dari ikian tu dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi masyarakat karena bertentangan dengan nilai-nilai moral. Hal-hal buruk yang diangkat dalam klan, sekalipun tu merupakan bagian dari realitas sosial, dari segi pembalajaran individu maupun masyarakat luas akan menimbulkan terjadinya pergeseran nilai. lklan telah berperan, seolah-olah, membenarkan hal-hal yang buruk don mengajarkan nilai-nilai yang kurang baik. Lebih dari pada itu, sebagian klan cenderung mengekspose kelucuan tetapi sekaligus mempermainkan nilai-nilai yang sesungguhnya dalam masyarakat dihayati dengan sungguh-sungguh. Untuk mengurangi permasalahan etis-moral dalam dunia periklanan, perlu suatu kerja sama antara pihak pemerintah, pengiklan, dan produser klan. Pemerintah atou lembaga terkait perlu membuat aturan yang jelas dan tegas sebagai rambu-rambu. Sedangkan pihak pengikian dan poduser iklan harus memiliki kesadaran etis moral dan pemahaman yang baik menyangkut nilai-nilai sosial budaya dari suatu masyarakat dimana sebuah produk klan akan disebarluaskan. (Upload Full-Text_Ali-Nov'2023)
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.046875 second(s)