Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:44 WIB
Detail
ArtikelProgram Identifikasi Tema Dongeng untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Moral pada Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar  
Oleh: Juwita, Suzanna ; Tiatri, Sri ; Hastuti, Rahmah
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Psikologi vol. 44 no. 3 (2017), page 167 – 176.
Topik: identifikasi tema dongeng; pemahaman tema moral; pemahaman bacaan; siswa.
Fulltext: 22456-74364-1-PB_Ros.pdf (499.61KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Identifikasi Tema (PIT) dongeng dalam meningkatkan pemahaman tema moral pada siswa sekolah dasar. PIT dirancang untuk membantu anak memahami alur cerita, penalaran moral, dan perumusan pesan moral pada cerita dengan membuat cerita baru yang memiliki tema moral serupa. Partisipan (N=16) siswa kelas 5 sekolah dasar. Terbagi dalam dua kelompok yaitu 8 siswa pada kelompok eksperimen dan 8 siswa pada kelompok kontrol. Desain pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain Randomized Controlled Trial (RCT). Instrumen penelitian yang digunakan adalah Pemahaman Tema Moral (PTM) yang disusun berdasarkan alat ukur Moral Theme Comprehention. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya program identifikasi tema (PIT) meningkatkan pemahaman tema moral (PTM) di sekolah dasar (z= -2,527 p= 0,012).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)