Salah satu kegiatan yang dilakukan pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan usaha mendapatkan laba dan mengembangkan skala usahanya adalah kegiatan pemasaran. Pemasaran adalah sistem terpadu dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen. Banyak produk fisik yang ditawarkan kepasar harus dikemas, dan pengemasan ini dapat memegang suatu peranan yang kecil maupun memegang peranan yang penting artinya bagi suatu produk. Oleh karena itu sebagian besar pemasar memperlakukan kemasan sebagai sa¬lah satu unsur produk, yaitu sebagai produk berwujud. Pengemasan adalah kegiatan merancang, pembungkus, atau kemasan. Kemasan itu dapat mencakup tiga tingkatan bahan yaitu: "Kemasan primer" merupakan kemasan yang langsung menyentuh produk yang bersangkutan, "Kemasan sekunder" ini mengacu pada bahan yang melindungi kemasan primer dan akan dibuang kalau produk itu hendak digunakan, "Kemasan pengiriman" ini mengacu pada pengemasan yang diperlukan untuk penyimpanan, identifikasi atau transportasi. Jadi fungsi uatama kemasan ialah sebagai tempat mengisi dan pelindung produk. Akan tetapi, pada akhir-akhir ini, berbagai macam faktor telah memungkinkan meningkatnya penggunaan kemasan sebagai sebuah sarana pemasaran yang penting dalam usahanya meningkatkan penjualan produk tersebut. |