Anda belum login :: 26 Nov 2024 10:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peranan Kepuasan Kebutuhan Dasar Psikologis dan Orientasi Tujuan Mastery Approach terhadap Belajar Berdasar Regulasi Diri
Oleh:
Tekeng, St. Nurjannah Yunus
;
Alsa, Asmadi
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Psikologi vol. 43 no. 2 (2016)
,
page 85 – 106.
Topik:
belajar berdasar regulasi diri
;
kepuasan kebutuhan dasar psikologis
;
orientasi tujuan mastery approach
Fulltext:
document_Ros.pdf
(528.64KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peranan kepuasan kebutuhan dasar psikologis dan orientasi tujuan mastery approach sebagai prediktor belajar berdasar regulasi diri mahasiswa. Subjek penelitian berjumlah 240 mahasiswa semester III, V, dan VII Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Makassar yang berasal dari delapan prodi. Teknik pengambilan sampel menggunakan multi stage cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala belajar berda-sar regulasi diri, skala kepuasan kebutuhan dasar psikologis, dan skala orientasi tujuan mastery approach. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasilnya menunjukkan nilai Fregresi = 115,303 dan nilai p < 0,001. Ini berarti bahwa hipotesis peneli-tian ini dapat diterima atau dengan kata lain kepuasan kebutuhan dasar psikologis dan orientasi tujuan mastery approach secara bersama dapat secara signifikan memprediksi belajar berdasar regulasi diri mahasiswa dengan sumbangan efektif sebesar R2 = 0,493 atau 49,3%. Secara parsial, kedua variabel memberikan nilai kontribusi yang berbeda, dimana kepuasan kebutuhan dasar psikologis memberikan sumbangan efektif sebesar 4,9% dan orientasi tujuan mastery approach memberikan sumbangan efektif sebesar 44,4% terhadap belajar berdasar regulasi diri mahasiswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)