Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:03 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peran Iklim Sekolah terhadap Perundungan
Oleh:
Rahmawati, Sri W
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Psikologi vol. 43 no. 2 (2016)
,
page 167 – 180.
Topik:
iklim sekolah
;
perundungan
;
siswa SMA
Fulltext:
12480-44043-1-PB_Ros.pdf
(687.38KB)
Isi artikel
Perundungan merupakan fenomena gunung es. Meskipun lebih dari 79% siswa dilaporkan pernah mengalami perundungan, namun hanya 21% kasus perundungan yang terangkat ke permukaan. Sejumlah intervensi telah dilakukan untuk mencegah terjadinya perundungan, namun belum memberikan hasil yang signifikan. Perundungan yang terjadi di sekolah tidak bisa dilepaskan dari iklim sekolah. Terdapat tiga hal utama dalam pencegahan perundungan, yaitu: dukungan/perhatian guru, pembentukan nilai dan norma sekolah yang sehat, serta relasi antar teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran iklim sekolah terhadap perundungan. Riset terhadap 723 siswa yang berasal dari lima wilayah provinsi DKI Jakarta, dilakukan dengan menggunakan teknik sampling kluster acak. Skala iklim sekolah dan skala perundungan digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Hasil riset menunjukkan bahwa komponen-komponen iklim sekolah memiliki korelasi signifikan dengan arah negatif terhadap perundungan. Hasil penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan iklim sekolah dalam penanganan perundungan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)