Perkembangan yang amat pesat terjadi di dunia teknologi informasi. Perusahaan yang memiliki informasi lengkap tentang produk, pasar, pesaing serta informasi intern perusahaan mengenai kekuatan dan kelemahan perusahaan, tentang hasil penjualan, laba, sumber dana, informasi harga, dsb akan dapat bersaing di pasar dengan baik. Sistem informasi pemasaran merupakan bagian mata rantai dari teknologi informasi tersebut yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan secara tepat waktu dan akurat akan semua informasi pemasaran baik informasi masa lalu, kejadian yang sedang terjadi saat ini serta dengan mudah dapat pula merencanakan masa datang. Kesemuaannya ini sangat diperlukan oleh manajemen untuk mengambil keputusan dan menentukan kebijakan perusahaan. Terciptanya peluang bisnis baru dimungkinkan dimasa mendatang dengan memanfaatkan keunggulan sistem informasi pemasaran. Penulis telah melakukan penelitian pada PT.Indokemika Jayatama dan telah melihat perkembangan Sistem Informasi Pemasaran dari saat sebelum sistem itu ada sampai sistem tersebut dibangun. Menurut pengamatan penulis, setelah sistem baru diterapkan hasilnya sangat menguntungkan perusahaan, karena Informasi pemasaran dapat lebih cepat diterima maka pengambilan keputusan dapat diambil dengan cepat dan lebih akurat. |