Anda belum login :: 23 Nov 2024 16:07 WIB
Detail
BukuPenggunaan Customer Profitability Analysis dalam Menentukan Suku Bunga Pinjaman bagi Nasabah Korporasi pada Bank "X"
Bibliografi
Author: Chandra, Olwin ; Salamun, Suyono (Advisor)
Topik: Asset Liability Management; ALMA; Credit Risk; Costumer Profitability Analysis; CPA; Nasabah Korporasi; Corporate Costumer
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2000    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Olwin Chandra's Master Theses.pdf (3.4MB; 16 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-166
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: tidak ada
   Reserve Lihat Detail Induk
Abstract
Untuk meningkatkan kinerja suatu bank harus dapat mengelola dana masyarakat dengan baik untuk dapat menghasilkan laba dan kualitas aktica yang baik. Saat ini hampir semua bank mengalami dua permasalahan yang sama besar, yang satu kesulitan likuiditas dan yang satu lagi kelebihan likuiditas. Permasalahan yang diambil yaitu untuk keadaan bank yang kelebihan likuiditas; dimana bank harus meningkatkan jumlah kredit yang disalurkan, sedang sektor riil sebagai target pasar bank masih belum bergerak, untuk itu bank harus mengoptimalkan segala cara untuk meningkatkan portofolio kreditnya. Salah satu cara untuk meningkatkan portofolio kredit bank dapat memperlakukan setiap nasabah secara khusus, antara lain dengan menetukan tingkat suku bunga yang berbeda pada setiap debitur sesuai dengan besar kecilnya debitur dan sektor usaha setiap debitur (metode ban pricing). Untuk menentukan loan pricing terhadap setiap debitur secara umum dipergunakan metode credit risk, namun dengan penggunaan metode credit risk dianggap hanya mewakili salah satu segi aspek analisa kredit. Namun salah satu alternatif lain untuk menerapkan loan pricing yang paling tepat adalah menggunakan analisa keuntungan nasabah atau customer profitability analysis (CPA) yang tentunya tetap memasukkan faktor resiko kredit sebagai salah satu komponen yang turut dianalisa serta tetap memperhatikan aspek asset liability management (ALMA) yaitu dengan mengatur struktur dana yang dihimpunnya dari masyarakat, yang merupakan unsur terpenting yang menentukan dapat tidaknya bank bersaing dipasar perbankan. Studi ini bertujuan untuk menilai sampai seberapa jauh kontribusi customer profitability analysis (CPA) terhadap jumlah penyaluran pinjaman dan laba bank bila diterapkan sebagai alat untuk menentukan kebijakan tingkat suku bunga pinjaman bagi setiap debitur, dengan melakukan studi kasus yang terjadi pada bank "X". Hasil analisis menunjukan bahwa penentuan tingkat suku bunga dengan menggunakan metode customer profitability analysis (CPA) dapat lebih akurat dan mendekati suatu angka suku bunga yang wajar bagi setiap debitur, sehingga terjadi peningkatan jumlah pinjaman yang disalurkan dan laba bank.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)