Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:35 WIB
Detail
BukuAnalisis Price Earning Ratio dan Harga Perdana Saham PERBANKAN (Tinjauan Teoritis dan Praktis)
Bibliografi
Author: Parali, Muljagi ; Udaya, Yusuf (Advisor)
Topik: Penawaran Saham Perdana; Investasi Saham; Analisis Laporan Keuangan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2000    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Muljagi Parali's Master Theses.pdf (2.09MB; 12 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-161
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: tidak ada
   Reserve Lihat Detail Induk
Abstract
"Go Public" atau penawaran saham perdana merupakan salah satu alternatif sumber dana yang murah. Oleh karena itu alternatif ini banyak diminati oleh banyak perusahaan termasuk perbankan. Mengingat peranan perbankan yang sangat penting dalam perekonomian yaitu merupakan lembaga penyalur kelebihan dana masyarakat kepada sektor yang membutuhkan maka penulis memilih sektor industri ini untuk dianalisis. Dalam penawaran perdana terdapat dua pihak yang berkepentingan yaitu emiten yang menawarkan sahamnya dan investor yang ingin membeli saham tersebut. Emiten berkeinginan untuk menawarkan sahamnya dengan harga yang relatif tinggi untuk mendapat dana sebanyak mungkin dengan mengorbankan kepemilikan seminimal mungkin sedangkan investor sebaliknya membeli dengan harga murah untuk mendapat "capital gain" yang tinggi. Salah satu metode yang paling sering dipakai guna menilai harga saham adalah metode PER (Price Eaming Ratio) yaitu dengan membandingkan rasio harga perdana yang ditawarkan dengan laba bersih per saham. Di Indonesia perhitungan PER yang disajikan oleh emiten dalam prospektus adalah dengan membandingkan harga perdana dengan proyeksi laba bersih per saham setelah penawaran perdana. Atas dasar metode yang digunakan oleh emiten ini penulis ingin melihat apakah penentuan tersebut juga didukung oleh teori yang ada. Oleh karenanya penulis membandingkan dengan PER aktual, PER teoritis, ROE aktual dan harga teoritis. Dari hasil analisis penulis ternyata penentuan PER oleh emiten tidak banyak dipengaruhi oleh faktor internal dan teoritis tetapi oleh faktor eksternal pada saat penawaran perdana.
Faktor eksternal tersebut antara lain:
• Tingkat suku bunga simpanan yang berlaku pada saat penawaran perdana
• Tingkat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada saat penawaran perdana
• Kondisi pasar modal pada saat penawaran apakah sedang meningkat atau menurun (bullish atau bearish)
• Kondisi industri perbankan pada saat penawaran perdana
• Tingkat IHSG sektor perbankan pada saat penawaran perdana
• Kondisi sosial politik pada saat penawaran perdana
• Kondisi perekonomian nasional maupun global pada saat penawaran perdana
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)