Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Kepuasan Para Manajer terhadap Kompetensi Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia pada PT X
Bibliografi
Author:
Krisnawan, Jacobus
;
Triguno, F. X. Bambang
(Advisor)
Topik:
Sumber Daya Manusia
;
Struktur Organisasi
;
Tenaga Kerja
;
Pemasaran
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2000
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Jacobus Kirisnawan's Master Theses.pdf
(3.55MB;
38 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MM-154
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
tidak ada
Reserve
Lihat Detail Induk
Abstract
Melihat kondisi krisis ekonomi dan moneter yang melanda Indonesia pada saat ini dan tantangan masa mendatang dimana persaingan perusahaan akan semakin ketat, maka untuk dapat terbebas dari krisis dan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain maka suatu perusahaan tentunya harus memiliki kemampuan untuk dapat mengelola dan mengoptimalkan penggunaan keseluruhan sumber daya terutama sumber daya manusia yang dimilikinya dengan seefektif dan seefisien mungkin demi kemajuan perusahaan. Dan hal tersebut hanya dapat dilaksanakan apabila perusahaan tersebut memiliki suatu divisi sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kemampuan atau kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugasnya. Berkaitan dengan hal tersebut maka tentunya diperlukan suatu evaluasi dan perbaikan secara terus menerus terhadap divisi sumber daya manusia dalam perusahaan agar diperoleh informasi dan masukan yang dapat memungkinkan pengelolaan karyawan dalam perusahaan dapat berfungsi dengan lebih baik. Evaluasi terutama diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat 'gap' atau selisih yang terlalu jauh antara kemampuan yang dimiliki oleh divisi sumber daya manusia dalam perusahaan dan yang diharapkan oleh para manajer dalam perusahaan. Apabila perusahaan tersebut tersebut tidak secara sungguh-sungguh memperhatikan bagaimana sesungguhnya kompetensi atau kemampuan divisi SDM yang terdapat dalam perusahaan, maka perusahaan tersebut akan mengalami kesulitan dalam mengelola dan mengoptimalkan kinerja para karyawannya. Diharapkan dengan melakukan evaluasi secara internal terhadap kemampuan atau kompetensi divisi manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan maka kemudian dapat dilakukan analisis lebih lanjut mengenai hal-hal apa yang telah memenuhi harapan atau yang belum memenuhi harapan dari pelaksanaan berbagai hal yang menjadi bagian dalam lingkup tugas dan fungsi divisi SDM. Sehingga pada akhirnya pihak perusahaan dapat melakukan identifikasi terhadap hal-hal apa saja yang dapat dijadikan prioritas untuk lebih dikembangkan dan ditingkatkan dalam divisi sumber daya manusia sehingga dapat berperan lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaan fungsi dan tugasnya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk dapat mencoba menjawab permasalahan-permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya dengan mengambil sampel pada sebuah perusahaan jasa konstruksi industri di Indonesia. Responden dalam penelitian ini berasal dari karyawan pada level manajer lini tingkat pertama keatas di luar divisi SDM dalam perusahaan tersebut. Kemudian responden diminta kesediannya untuk mengisi kuesioner tentang kepuasan mereka terhadap kemampuan atau kompetensi divisi manajemen SDM pada saat ini dan hal-hal yang dianggap penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas fungsi divisi SDM dalam perusahaan. Hasil jawaban responden tersebut kemudian diolah dengan menggunakan prosedur uji paired samples / test yang terdapat pada program SPSS for Windows ver. 7.0 sehingga diperoleh hasil sesuai dengan tujuan penelitian ini. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka didapatkan suatu kesimpulan bahwa, dari hasil uji statistik dengan menggunakan metode paired samples / test maka diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata tingkat kepuasan para responden terhadap kemampuan atau kompetensi divisi SDM dan yang diharapkan oleh responden pada seluruh dimensi yang merupakan bagian dari seluruh tugas dan fungsi divisi SDM dalam perusahaan. Hal tersebut kemungkinan disebabkan belum terdapatnya suatu proses komunikasi yang efektif dan efisien antara divisi SDM dan para manajer lain dalam perusahaan tersebut, sehingga program-program kerja yang telah dilaksanakan oleh divisi SDM belum sesuai atau sejalan dengan keinginan para responden. Dengan demikian masih dipandang perlu bagi perusahaan tersebut untuk terus meningkatkan proses komunikasi yang efektif dan efisien antar unit dalam organisasi dan juga mengadakan berbagai program pengembangan dan pelatihan karyawan dalam lingkup divisi SDM sehingga kemampuan / kompetensi divisi SDM dapat lebih meningkat dan sesuai dengan harapan responden. Berkaitan dengan hal tersebut penulis juga dapat menyampaikan beberapa saran dan rekomendasi yang dapat digunakan sebagai satu alternatif dalam pelaksanaan program pengembangan karyawan khususnya dalam lingkup divisi SDM dalam perusahaan ini, sehingga format penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan secara berkesinambungan dan bisa menjadi suatu acuan untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan di masa yang akan datang.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)