Sebagai salah satu penyelenggara jasa komunikasi satelit di Indonesia, dalam menghadapi tantangan global di masa depan, PT XYZ selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya. Salah satu usaha untuk tetap berpegang pada komitmen "memberikan yang terbaik" kepada salah satu pelanggan besar, yaitu Bank ABC, adalah dengan memberlakukan service level dalam usaha perbaikan segala macam bentuk gangguan pada peralatan komunikasi satelit pelanggan tersebut Penentuan service level ini berdasarkan kemampuan kecepatan PT XYZ dalam bergerak menuju lokasi di mana terjadi kerusakan dan juga jarak tempuh menuju lokasi yang dimaksud. Salah satu alternatif guna meningkatkan service level kepada Bank ABC adalah melakukan outsourcing dengan bekerja sama dengan sub kontraktor sehingga melebarkan jangkauan kerja dan mempersingkat waktu tempuh menuju lokasi kerusakan. Disamping untuk meningkatkan service level, pemakaian sub kontraktor diyakini dapat menekan biaya perbaikan peralatan komunikasi pada Bank ABC. Hal ini disebabkan karena lokasi sub kontraktor tersebut lebih dekat ke lokasi yang berada jauh di luar kota Jakarta. Namun demikian berdasarkan data-data yang diperoleh perlu diuji kebenaran hipotesis yang menyatakan bahwa pemakaian sub kontraktor akan menghemat biaya dan meningkatkan service level, melalui uji hipotesis chi kuadrat pada taraf signifikansi 0,05 dan 0,01. |