Pokok masalah dalam penulisan ini adalah tersusunnya strategi dalam melakukan peluncuran produk variable speed driver kelas kecil dengan jenis ATV08 oleh PT. Schneider Indonesia. Peluncuran produk ATV08 ini dilakukan untuk memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan di pasar variable speed driver tilmana masih terdapat peluang pasar untuk produk variable speed driver kelas kecil (dibawah 0,75 kWh). Hal yang perlu diperhatikan dalam peluncuran produk ini adalah prosedur peluncuran produk baru agar peluncuran produk baru dapat berhasil. Dalam menyelesaikan masalah ini digunakan beberapa metoda penelitian, yaitu metoda kepustakaan dan metode penelitian lapangan. Metode kepustakaan dilakukan guna mencari pemecahan dari masalah berdasarkan sumber-sumber yang sudah ada sebelumnya. Data yang didapat untuk penelitian lapangan adalah dari wawancara yang telah dilakukan ke para distributor PT. Schneider Indonesia. Dari penulisan ini terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam peluncuran produk ATV08 oleh PT. Schneider Indonesia, yaitu dengan cara melakukan analisis lingkungan eksternal dan internal serta analisis industri dan pasar. Serta langkah-langkah berikutnya yang harus diambil, seperti segmentasi, targeting, positioning, serta penggunaan strategi bauran pemasaran dan strategi menghadapi para pesaing. Dengan melakukan analisis-analisis tersebut maka diharapkan strategi peluncuran produk baru yang tepat dapat diambil. Kesimpulan yang didapat dari penulisan ini adalah bahwa melalui langkah-langkah tersebut akan tersusun sebuah prosedur peluncuran produk baru yang baik. |