Burung Unta / Ostrich merupakan hewan ternak yang dapat menghasilkan produk-produk yang premium, mempunyai karakteristik reproduksi yang menguntungkan dan cara pemeliharaan yang relatif mudah sehingga mampu menghasilkan keuntungan komersial yang tinggi. Kecuali di Afrika Selatan, peternakan ostrich di dunia masih dalam tahap awal termasuk di Indonesia. Di Indonesia hanya ada dua peternakan ostrich satu diantaranya adalah PT X yang merupakan peternakan baru dan sudah mulai tahap produksi dan akan memasarkan produknya. Untuk itu perlu disusun suatu strategi pemasaran yang tepat. Untuk tujuan penetapan strategi pemasaran maka dilakukan penelitian tentang industri ostrich dan penelitian tentang pemasaran produk daging burung unta untuk konsumsi kebutuhan rumah tangga. Dari hasil penelitian disusunlah strategi pemasaran daging ostrich. Strategi target pasar difokuskan pada masyarakat kota besar yang mempunyai penghasilan relatif tinggi serta mempunyai kesadaran tinggi akan kesehatan dan dapat juga diarahkan kepada masyarkat yang mempunyai pantangan terhadap jenis daging tertentu karena masalah kesehatan. Strategi positioning dari daging ostrich adalah daging yang rendah kalori, rendah lemak, rendah kolesterol, enak dan halal. Strategi produk ditekankan bahwa produk daging yang dihasilkan berkualitas dengan adanya total quality control. Strategi harga akan mengikuti harga yang ditetapkan pesaing. Promosi peluncuran produk dilakukan dengan strategi peluncuran lambat. Strategi distribusi digunakan saluran distribusi supermarket. |