Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:42 WIB
Detail
BukuAnalisis Strategi Bersaing Pada Industri AC Presisi (Studi Kasus Di PT WEP, Distributor Produk AC Presisi)
Bibliografi
Author: Hendry ; Affif, Faisal (Advisor)
Topik: Industri; Strategi Bersaing; Strategi Pemasaran; Keunggulan Bersaing
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1999    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Hendry's Master Theses.pdf (2.68MB; 8 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-99
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: tidak ada
   Reserve Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifttas strategi bersaing yang diterapkan oleh PT. WEP dalam pemasaran produk AC presisi, dan memberikan suatu usulan perbaikan strategi bersaing agar strategi bersaing yang akan diterapkan PT.WEP lebih efektif Untuk mengetahui efektivitas strategi bersaing dilakukan penelitian terhadap kondisi persaingan, yang meliputi kondisi persaingan industri AC presisi secara keseluruhan dan kondisi persaingan di dalam industri AC presisi tersebut. Penelitian juga dilakukan terhadap segmentasi pembeli AC presisi. Kondisi persaingan pada industri AC presisi aiketanui dengan menganalisis kelima faktor penentu tingkat persaingan menurut Michael E Porter. Dari analisis ini diketahui bahwa tingkat persaingan diantara perusahaan pemasar AC presisi masih menengah -rendah, tingkat ancaman pendatang baru rendah, kekuatan tawar menawar pemasok yang menengah, kekuatan tawar menawar pembeli cukup tinggi, dan ancaman produk pengganti juga cukup tinggi. Kondisi persaingan di dalam industri AC presisi diketahui dengan menganalisis kelompok strategis di dalam subsektor tersebut berdasarkan dimensi bersaing yang digunakan perusahaan pemasar Dan analisis ini, terdapat tiga kelompok strategis pada AC presisi dengan ciri strategi bersaing yang berbeda pada masing-masing kelompok. Ketiga kelompok tersebut adalah A, B dan WEP. Kajian terhadap segmen pembeli AC presisi menunjukkan bahwa terdapat dua variabel yang paling dominan dalam penentuan segmentasi pembeli AC presisi. Kedua variabel tersebut adalah Jenis dan Kepemilikan Perusahaan Pembeli dan Lokasi Perusahaan Pembeli. Dari kombinasi dua variabel ini didapatkan 9 segmen pembeli AC presisi. Kelompok A, B dan WEP memiliki target pembeli sasaran masing-masing. Penentuan efektivitas strategi bersaing PT.WEP menyimpulkan bahwa strategi bersaing yang diterapkan PT.WEP masih kurang efektif yang disebabkan terutama oleh penempatan posisi bersaingnya yang kurang tepat, dan tidak jelasnya tahapan membangun keunggulan bersaing, serta beberapa kekurangan lainnya. Penelitian ini menghasilkan usulan perbaikan strategi bersaing kepada PT.WEP diantaranya penempatan posisi bersaing untuk jangka menengah dan panjang, penerapan strategi generik diferensiasi dan strategi pelayanan untuk mendukung diferensiasi tersebut.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)