Anda belum login :: 24 Nov 2024 00:08 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peningkatan Kompetensi Tutor Blok Elektif dalam Pembuatan dan Penilaian Laporan Kasus
Oleh:
Djannatun, Titiek
;
Wikaningrum, Riyani
;
Murnikusumawatie, Rita
;
Susilawati, R. W.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (The Indonesian Journal of Medical Education) vol. 05 no. 03 (Nov. 2016)
,
page 173-180.
Topik:
Blok Elektif
;
Laporan Kasus
;
Rater
;
Tutor
Fulltext:
J10 v5 n3 p173 kelik2017.pdf
(214.54KB)
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
J10.K
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Latar belakang: Blok Elektif Fakultas Kedokteran Universitas YARSI terdiri dari lima bidang kepeminatan. Hasil evaluasi didapatkan kurangnya penguasaan tutor dalam membimbing mahasiswa membuat laporan kasus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tutor Blok Elektif dalam pembuatan dan penilaian Laporan Kasus. Metode: Sepuluh laporan kasus dipilih dan dinilai oleh pakar. 30 tutor diberi pembekalan melalui Workshop. Kompetensi tutor dalam penilaian laporan kasus dilihat melalui analisis hasil pre test dan post test dibandingkan dengan penilaian pakar. Laporan kasus dianalisis reliabilitas antar Rater-nya. Kompetensi tutor dievaluasi dengan metode kuisioner. Hasil: Hasil penilaian Laporan kasus pre test dan post test terjadi penurunan oleh 13 tutor dengan rentang penurunan 1 sampai dengan 14 point, terjadi peningkatan oleh 3 tutor dengan rentang 3 sampai dengan 6 point, dan tidak terjadi perubahan pada hasil penilaian oleh 5 tutor. Perbedaan nilai dibandingkan dengan nilai pakar menunjukkan hasil penilaian melebar sebanyak 9 (42,9%), memendek sebanyak 9 (42,9%), dan tetap sebanyak 3 (14,3%). Workshop membantu pemahaman dan penyamaan persepsi tutor dalam penilaian Laporan kasus. Peningkatan kompetensi tutor lebih baik pada pelaksanaan Blok elektif. Kesimpulan: Penilaian Laporan kasus harus dilakukan oleh tutor yang memiliki kompetensi dan persepsi yang sama terhadap setiap butir penilaian. Workshop dapat memberikan pembekalan kepada tutor sebagai Rater. Penilaian Laporan kasus harus dilengkapi dengan rubrik, dan untuk mendapatkan penilaian yang fair dan valid harus dinilai oleh lebih dari satu tutor.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)