Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:12 WIB
Detail
ArtikelRancangan Perbaikan Penilaian Tutorial Berdasarkan Sudut Pandang Tutor dan Mahasiswa serta Literatur  
Oleh: Khadafianto, Fuad ; Rahayu, Gandes Retno ; Suryadi, Efrayim
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (The Indonesian Journal of Medical Education) vol. 05 no. 02 (Jul. 2016), page 101-113.
Topik: Problem Based Learning; PBL; Penilaian Tutorial; Persepsi Tutor; Persepsi Mahasiswa
Fulltext: J10 v5 n2 p101 kelik2017.pdf (508.15KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan FK
    • Nomor Panggil: J10.K
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelLatar belakang: Model Problem based learning (PBL), bentuk pembelajaran model belajar aktif yang bersifat konstruktif, mandiri, kolaboratif dan kontekstual. Implementasi PBL dalam proses belajar mengajar diwujudkan dalam bentuk diskusi tutorial. Salah satu cara meningkatkan kualitas proses tutorial yaitu dengan memperbaiki atau memilih metode penilaian tutorial yang tepat. Selain persepsi tutor sebagai pengguna, persepsi mahasiswa mengenai manfaat dilaksanakannya suatu proses penilaian dalam PBL sebagai subjek yang dinilai perlu diperhatikan sebagai pertimbangan dalam menetapkan model penilaian yang dilakukan. Metode diskusi tutorial-PBL yang dapat digunakan salah satunya adalah menggunakan seven jumps. Penilaian proses tutorial menjadi komponen dari penilaian yang bersifat sumatif, untuk itu penilaian ini harus dijamin kualitasnya baik dari segi validitas, reliabilitas, dampak pembelajarannya maupun dari segi kemudahan pelaksanaannya. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan menggunakan FGD dan in-depth interview. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas Islam Indonesia. Populasi penelitiannya adalah perwakilan mahasiswa dari angkatan 2011-2014 dan perwakilan tutor dan pimpinan fakultas/program studi. Hasil: Terdapat 8 (delapan) kategori persepsi yaitu persepsi pengetahuan tutor dan mahasiswa terhadap penilaian tutorial, kesesuaian penilaian tutorial dengan konsep PBL, teknis penilaian, penyimpangan penilaian, objektifitas penilaian, dampak penilaian terhadap proses tutorial, learning/educational impact penilaian tutorial, dan usulan penilaian tutorial. Kesimpulan: Dari 8 (delapan) kategori persepsi penelitian ini merekomendasikan 3 (tiga) hal yaitu pertama pelaksanaan penilaian tutorial diharapkan tetap dilakukan, peningkatan objektifitas penilaian tutorial melalui perbaikan berbagai komponen yang terkait penilaian tutorial dan perlu dilakukan upaya pencegahan terjadinya penyimpangan penilaian tutorial.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)