Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Persepsi terhadap iklim sekolah dasar inklusi
Oleh:
Pandia, Weny Savitry S.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Manasa: Jurnal Ilmiah Psikologi vol. 2 no. 1 (Jun. 2013)
,
page 56-78.
Topik:
anak berkebutuhan khusus
;
program pendidikan inklusi
;
iklim sekolah
;
JABFUNG-FP-WS-2017
Fulltext:
Jurnal Nas_Manasa vol 2 no 1_Persepsi thd Iklim Sekolah Inklusi - text.pdf
(1.05MB)
Isi artikel
Dalam penanganan anak berkebutuhan khusus telah ada. kebijakan pemerintah mengenai sekolah inklusi, namun masih banyak persoalan yang dihadapi antara lain terkait iklim sekolah. Iklim sekolah yang positif sangat diperlukan agar siswa berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan melihat persepsi terhadap iklim Sekolah Dasar inklusi dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subyek terdiri dari 93 siswa reguler dan 5 siswa berkebutuhan khusus, 5 orang tua, 4 guru pendamping, 4 guru kelas, kepala sekolah, dan pengurus yayasan. Alat ukur kuantitatif berupa adopsi dari skala ICS-S (Worrell, .2000), sedangkan alat ukur kualitatif berupa panduan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap iklim sekolah cukup positif dalam dimensi kepuasan terhadap sekolah, guru, kesempatan mencapai kesuksesan, dan identitas. Pada unsur orang tua, guru pendamping, guru kelas, kepala sekolah, dan pengelola, persepsi cukup positif meskipun ada berbagai hal yang masih perlu ditingkatkan, antara lain: kualitas layanan guru, pengetahuan guru mengenai karakteristik dan metode pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus, komunikasi orang tua dan pihak sekolah, serta perbaikan program inklusi yang dijalankan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)