Anda belum login :: 22 Nov 2024 20:38 WIB
Detail
ArtikelPemahaman karakteristik perkembangan dan aktivitas pembelajaran bagi anak usia dini pada pengasuh di taman penitipan anak (TPA) Bintang  
Oleh: AMANDA, ASTRELLA ; Pandia, Weny Savitry S.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Manasa: Jurnal Ilmiah Psikologi vol. 2 no. 2 (Jul. 2013), page 111-130.
Topik: Taman Penitipan Anak (TPA); pengasuh; pemahaman karakteristik perkembangan dan aktivitas pembelajaran; masa kanak-kanak awal; JABFUNG-FP-WS-2017
Fulltext: Manasa Vol2 no2 Pemahaman Karakteristik Anak di TPA Bintang - text.pdf (902.71KB)
Isi artikelTaman Penitipan Anak (TPA) merupakan altematif pengasuhan yang dapat dipilih oleh orang tua bekerja. Di TPA, pengasuh berperan penting sehingga perlu memiliki pemahaman karakteristik perkembangan dan aktivitas pembelajaran anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman karakteristik perkembangan dan aktivitas pembelajaran anak usia dini pada pengasuh di TPA Bintang (nama samaran). Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan Kuesioner Pemahaman Karakteristik Perkembangan Anak dan Kuesioner Aktivitas Pembelajaran bagi Anak dan kualitatif dengan observasi lingkungan dan aktivitas belajar yang dilakukan tujuh pengasuh bersama anak, serta wawancara empat pengasuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh memiliki pemahaman karakteristik perkembangan anak yang baik, namun belum mampu menerapkan pemahamannya dalam aktivitas belajar anak. Hasil Penelitian dapat digunakan untuk merancang program intervensi guna meningkatkan kapasitas pengasuh dalam menerapkan pemahamannya ke dalam aktivitas belajar anak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)