Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Model perangkat pembelajaran keterampilan berbicara dengan pendekatan komunikatif kontekstual bagi mahasiswa asing
Oleh:
Jazeri, Mohamad
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya vol. 15 no. 2 (Oct. 2016)
,
page 217-226.
Topik:
keterampilan berbicara
;
pendekatan komunikatif-kontekstual
;
Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)
Fulltext:
11824-28791-1-SM.pdf
(712.15KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbicara bahasa Indonesia dengan pendekatan komunikatif kontekstual bagi mahasiswa asing di IAIN Tulungagung. Desain pengembangan mengunakan model R2D2 (Recursive Reflective Design and Development) dari Willis. Produk yang telah dikembangkandiujicobakan kepada 20 mahasiswa BIPA dari Thailand, 2 instruktur BIPA, dan 1 ahli pembelajaran BIPA. Uji efektivitas dengan rancangan pra-eksperimen, yakni dengan melakukan tes awal dan tes akhir pada kelompok tunggal tanpa kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87% pebelajar merasa antusias dan senang karena contoh ungkapan dan dialog yang disajikan dalam buku ajar membantu mereka mampu berbicara bahasa Indonesia dengan lancar. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor tes awal dan tes akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada mahasiswa asing di IAIN Tulungagung.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)