Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:57 WIB
Detail
ArtikelKonstruk kompetensi literasi untuk siswa sekolah dasar  
Oleh: Musfiroh, Tadkiroatun ; Listyorini, Beniati
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya vol. 15 no. 1 (Apr. 2016), page 1-12.
Topik: konstruk; kompetensi literasi; konteks Indonesia; siswa SD
Fulltext: 9751-23831-2-PB.pdf (1.87MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan komponen literasi versi PIRLS, (2) mengidentifikasi konstruk kompetensi literasi membaca kelas IV SD, dan (3) membuat draf konstruk kompetensi literasi kelas IV SD versi Indonesia. Pengumpulan data dengan observasi pustaka, wawancara, dan focus group discussion. Analisis data dengan metode deskriptif kualititatif. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, komponen literasi versi PIRLS meliputi: konsep literasi membaca, framework asesmen, tolok ukur, komponen literary text, dan penentuan sistem penilaian. Kedua, kompetensi literasi membaca dikonstrukkan sebagai kemampuan membaca dan memahami teks berjenis sastra dan informatif, berdasarkan empat tingkatan kognitif, dari berbagai tipe teks, dan mengikuti konteks lokal di sekitar anak dan konteks nasional. Ketiga, konstruk kompetensi literasi versi Indonesia berisi: 2-5 kata sulit, panjang teks 200 kata, komposisi tingkatan kognisi rendah hingga lanjut: 30-30-30-10, tema teks sesuai kondisi dan kultur Indonesia, ilustrasi teks yang jelas, dan tabel/grafik diberikan dalam gradasi. Hasil ini penting sebagai informasi literasi untuk dasar pengembangan kebijakan pendidikan Indonesia.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)