Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:16 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Karakteristik Perusahaan dan Sertifikasi Lingkungan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)  
Oleh: Dianawati, Wiwiek
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan vol. 20 no. 2 (Jun. 2016), page 226-241.
Topik: pengungkapan CSR; pengalaman internasional; kedekatan konsumen dan sertifikasi lingkungan
Fulltext: 1825-7368-1-PB.pdf (218.02KB)
Isi artikelKeterlibatan perusahaan dalam CSR bisa dikarenakan dua motivasi yang berbeda. Beberapa perusahaan percaya dengan melakukan CSR maka perusahaan akan memeroleh keunggulan kompetitif yang membedakan dengan pesaingnya sehingga memungkinkan perusahaan mencapai hasil ekonomi yang lebih baik (Resource Based Theory). Perusahaan lain terlibat dalam CSR untuk memenuhi harapan stakeholders sehingga CSR dan pelaporannya merupakan alat legitimasi untuk menunjukkan kepatuhannya terhadap harapan tersebut (Legitimacy Theory). Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris mengenai pengaruh pengalaman internasional, kedekatan konsumen dan perolehan sertifikasi lingkungan terhadap luas tidaknya pengungkapan CSR dengan menggunakan pendekatan teori Legitimacy. Dengan menggunakan target populasi perusahaan manufaktur terbuka di BEI yang membuat laporan CSR pada tahun 2011 dan 2012, diperoleh sampel sebanyak 168 firm years. Dengan menggunakan uji analisis regresi berganda diperoleh hasil tidak ada pengaruh signifikan antara variabel pengalaman internasional, kedekatan konsumen dan sertifikasi lingkungan terhadap pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini memberikan masukan kepada pemerintah untuk mewajibkan perusahaan melakukan pengungkapan CSR dengan menyediakan pokok-pokok yang harus diungkapkan. Global Reporting Initiative (GRI) bisa digunakan sebagai panduan pengungkapan CSR karena sudah diakui secara universal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)