Anda belum login :: 24 Nov 2024 07:29 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pendidikan Perpajakan: Persepsi Akademisi, Praktisi, dan Mahasiswa untuk Jenjang Diploma dan Sarjana
Oleh:
Novita, Santi
;
Hartadinata, Okta Sindhu
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan vol. 20 no. 2 (Jun. 2016)
,
page 151-171.
Topik:
perpajakan
;
akuntansi
;
hasil pembelajaran
;
keterampilan
;
persepsi
Fulltext:
1820-7348-1-PB.pdf
(277.62KB)
Isi artikel
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pandangan akademisi, praktisi, dan mahasiswa akan atribut yang harus dimiliki lulusan D3 Perpajakan dan S1 Akuntansi yang akan berkarir awal dalam bidang perpajakan. Penelitian ini mencoba menggali apakah ada perbedaan persepsi mengenai atribut yang terdiri dari keterampilan atau keahlian, kemampuan dasar, dan hasil pembelajaran dari berbagai mata ajar perpajakan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan ekspektasi dari praktisi sebagai pengguna lulusan. Kuesioner dikirim kepada akademisi yang mengajar perpajakan, praktisi sebagai pengguna lulusan, dan mahasiswa sebagai calon lulusan masing-masing untuk jenjang D3 maupun S1. Dengan menggunakan Uji proporsi dua populasi untuk kemampuan dasar, serta Two sample T Test untuk uji learning outcomes dan skills, hasil yang diperoleh menunjukkan ada perbedaan persepsi antara mahasiswa baik dengan akademisi maupun dengan praktisi. Dari sisi akademisi dan praktisi secara umum tidak ada perbedaan, namun dari proporsi persetujuan tentang kemampuan dasar yaitu kemampuan tax planning dan perpajakan internasional perlu ada diskusi lebih lanjut untuk pendidikan perpajakan di jenjang S1.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)