Anda belum login :: 27 Nov 2024 00:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Rantai Nilai Perdagangan Produk Organik dan Determinan Keputusan Konsumen untuk Membeli
Oleh:
Hendrani, Yanuarita
;
Sunanto, Sandra
;
Suroso, PC
;
Poerbonegoro, Anna Farina
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan vol. 19 no. 4 (Dec. 2016)
,
page 537 – 557.
Topik:
value chain
;
organik
;
ordered logit model
;
nilai tambah
Fulltext:
2006-7213-1-PB.pdf
(426.08KB)
Isi artikel
Pergeseran pola konsumsi masyarakat dari produk non organik ke produk organik telah melanda banyak negara maju dalam dua dekade terakhir. Hal ini didukung oleh peningkatan pendapatan masyarakat, urbanisasi, kesadaran akan masalah lingkungan dan kesehatan serta perubahan struktur demografi. Bagi negara berkembang seperti Indonesia, penggeseran pola makan seperti yang dialami oleh negara-negara maju sebenarnya juga telah terjadi terutama di kalangan masyarakat menengah ke atas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis value chain produksi dan distribusi produk organik dan mencari determinan pembelian produk organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalur distribusi produk organik bervariasi. Dari kebun ada yang langsung ke konsumen atau supermarket dan ada yang melalui rantai agen baru ke konsumen akhir, dengan penciptaan nilai tambah tertinggi di hulu. Dari model ordered logit yang diaplikasikan dapat disimpulkan bahwa pendapatan berpengaruh positif terhadap probabilitas konsumen membeli produk organik lebih sering tetapi pendidikan tidak; probabilitas untuk membeli produk organik lebih sering juga lebih tinggi untuk usia lebih muda, tetapi alasan lingkungan hidup dan harga yang mahal tidak berpengaruh terhadap probabilitas untuk membeli produk organik lebih sering.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)