Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:40 WIB
Detail
ArtikelPematuhan prinsip kesantunan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Purwosari  
Oleh: Sahliyah, Chalifatus ; Hudha, Rifqi Rinadyaul
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 15 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas, page 636-640.
Topik: tindak tutur; prinsip kerja sama; prinsip kesantunan; pembelajaran bahasa Indonesia
Fulltext: 636 Chalifatus Sahliyah, Rifqi Rinadyatul Hudha - OK.pdf (215.99KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 15
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) jenis tindak tutur yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) pelanggaran prinsip kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan (3) prinsip kepatuhan kesantunan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Purwosari yang berjumlah 46 siswa dan seorang guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas tersebut. Objek penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Hasil penelitian meliputi (1) jenis tindak tutur yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) pelanggaran maksim kerja sama dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan (3) pematuhan prinsip kesantunan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)