Produk merupakan salah satu elemen dari bauran peraasaran. Agar suatu produk dapat bersaing dengan produk lainnya, maka suatu perusahaan perlu juga melakukan kegiatan pengembangan produk, yaitu dengan merancang dan menyempurnakan produknya sedemikian rupa agar selalu dapat memenuhi selera dan keinginan pasar yang selalu berubah. Strategi pengembangan produk yang tepat dapat membantu suatu perusahaan dalam usahanya untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran secara khusus serta tujuan perusahaan secara umumnya. Pengembangan produk dimulai dengan suatu riset tentang selera dan serta kemungkinan perubahannya yang dapat terjadi karena adanya perubahan dalam teknologi, ekonomi, sosial demografi/ dan faktor persaingan lainnya. Perubahan-perubahan ini perlu dipelajari dan diikuti dengan suatu tindakan daiam bentuk penyesuaian dalam strategi pengembangan produk guna melengkapi strategi komponen bauran pemasaran lainnya. Keberhasilan perusahaan dalam melakukart pengembangan produknya turut memberikan andil dalam usaha perusahaan untuk meningkatkan penjualan serta kinerja keuangan pada umunya. Dalam skripsi ini, penulis telah melakukan penelitian usaha-usaha PT Suba Indah Tbk. dalam melakukan pengembangan produk serta mengkaji pendekatan-pendekatan atau strategi yang diterapkan perusahaan ini dalam usahanya untuk menjawab tantangan persaingan yang dihadapinya dari waktu ke waktu. Penulis melihat bahwa PT Suba Indah Tbk. sangat menyadari pentingnya pengembangan produk dalam menghadapi persaingan didalam industri perdagangan. Perusahaan menyakini bahwa kegiatan pengembangan produk yang telah dilakukannya selama telah sangat membantunya dalam usahanya untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran pada khususnya serta tujuan perusahaan pada umumnya. |