Penyusunan skripsi Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk terhadap peningkatan volume penjualan PT. MULTI KUARTA KENCANA, serta menganalisis efektivitas pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data, metode pengolahan data, serta metode analisis data. PT. MULTI KUARTA KENCANA menghadapi persaingan pasar monopolistik dimana bentuk persaingan pada hakikatnya bukan pada harga, tetapi dalam bentuk mutu barang, dan penampilan barang. Pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh PT. MULTI KUARTA KENCANA adalah dengan menambah jumlah jenis produk sesuai dengan permintaan konsumen, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Faktor-faktor yang mendorong perusahaan melakukan pengembangan produk adalah perkembangan teknologi, persaingan antara perusahaan sejenis, selera konsumen yang berubah, dan adanya keinginan perusahaan untuk mempertahankan posisinya dalam pasar. Perusahaan juga mengalami imbas daripada krisis ekonomi yang melanda di Indonesia, sehingga mempengaruhi penjualan perusahaan. Namun, dengan dilakukannya pengembangan produk tersebut, perusahaan dapat menekan tingkat penurunan penjualan. |