Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:46 WIB
Detail
BukuAnalisis Kepuasan Konsumen Terhadap Mutu dan Pelayanan PT Eka Sari Lorena ("Lorena")
Bibliografi
Author: Bela, Felicitas Gabrielle ; Widjanarko, Frans (Advisor)
Topik: MARKETING; Pemasaran; Perilaku Konsumen; Jasa; Perusahaan Bus; Kepuasan Konsumen; Dimensi Pengukuran Kepuasan Konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2001    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Felicitas Gabriella Bela's Undergraduate Theses.pdf (2.79MB; 11 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-4022
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perkembangan dan peningkatan mutu suatu produk dari tahun ke tahun semakin menjadi perhatian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan mutu, harga dan promosi diantara sekian banyak perusahaan bus. Dalam kondisi persaingan yang begitu ketat tersebut, hal utama yang harus diprioritaskan perusahaan bus adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan, bersaing dan menguasai pangsa pasar. Pelanggan harus dipuaskan, karena jika mereka tidak dipuaskan, maka akan meninggalkan perusahaan dan akan menjadi pelanggan pada perusahaan pesaing. Itulah sebabnya diperlukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan, sehingga bila ada pelanggan yang merasa tidak puas atau kecewa, maka perusahaan dapat dengan segera mengetahui penyebabnya dan dapat segera melakukan koreksi atau perbaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui seberapa besar harapan pelanggan terhadap jasa transportasi umum bus yang telah diberikan oleh PT. Eka Sari Lorena ("LORENA")
2. Untuk mengetahui pandangan atau persepsi pelanggan mengenai tingkat kepuasan yang mereka terima atas mutu pelayanan yang telah diberikan oleh PT. Eka Sari Lorena ("LORENA").
3. Untuk mengetahui dan menganalisis sampai sejauh mana kesesuaian antara tingkat kepentingan (harapan) dan tingkat kepuasan menurut konsumen berdasarkan mutu pelayanan yang telah diberikan oleh PT. Eka Sari Lorena ("LORENA")

Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah diharapkan mampu memberikan masukan bagi perusahaan dalam usahanya melakukan pembenahan dan pengoperasian mengenai bagaimana mengembangkan mutu pelayanan yang baik terhadap pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada seratus orang responden yang terpilih, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analisis frekwensi dan prosentase serta analisis tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pelanggan. Analisis frekwensi dan prosentase digunakan untuk mengetahui secara ranking (berurutan) mengenai tingkat harapan atau keinginan dari pelanggan yang harus dipenuhi oleh perusahaan, yang mana dalam hal ini sebagian besar pelanggan PT. Eka Sari Lorena ("LORENA") lebih mengharapkan agar dalam menggunakan jasa transportasi bus umum tersebut mereka dapat merasakan puas dan percaya akan pelayanan dari jasa tersebut. Disamping itu mereka juga mengharapkan agar mutu yang diberikan harus ditunjang dengan promosi dan harga yang sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Analisis tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan digunakan untuk mengetahui faktor-faktor kepuasan pelanggan mana saja yang harus dibenahi kinerjanya (kuadran A) serta harus dipertahankan dan ditingkatkan kinerjanya (kuadran B). Dalam penelitian terdahulu didapatkan hasil bahwa faktor-faktor kepuasan pelanggan yang harus dibenahi kinerjanya adalah faktor ketepatan keberangkatan dan waktu tiba, faktor pelayanan yang ramah, faktor pelayanan yang selalu siap menolong, faktor tanggung jawab terhadap keselamatan penumpang, faktor jaminan keamanan terhadap barang milik penumpang. Sedangkan faktor-faktor kepuasan pelanggan yang harus ditingkatkan atau dipertahankan prestasinya adalah dengan memperhatikan faktor kebersihan toilet, faktor pengadaan air yang mencukupi, faktor kebersihan didalam bus, faktor kerapihan didalam bus, serta faktor keindahan didalam bus.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)