Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan lemari besi PT.X. Hal ini penting karena PT.X menghadapi persaingan monopolistik yang cukup ketat. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan beberapa metode dalam skripsi ini, antara lain metode pengumpulan data, metode pengolahan data dan metode analisis. Metode pengumpulan data mencakup penelitian kepustakaan dan lapangan, metode pengolahan data meliputi empat kegiatan, yaitu editing, coding, tabulating dan analyzing. Sedangkan metode analisis mencakup metode deskriptif dan metode kuantitatif. Langkah-langkah yang diambil PT.X yaitu segmentasi pasar, positioning dan menganalisis lingkungan pasar. Lingkungan pemasaran yang dimaksud terdiri dari lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal PT.X terdiri dari kekuatan perusahaan seperti reputasi dan mutu pelayanan yang baik, yang kedua adalah kelemahan, yaitu sistem promosi lemari besi PT.X tidak yang terlalu gencar. Lingkungan eksternal PT.X mencakup peluang, yaitu kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan di dunia; ancaman bagi PT.X adalah keadaan ekonomi Indonesia yang belum pulih sampai saat ini. Pengembangan produk yang dilakukan PT.X biasanya dalam hal mutu (barang dan jasa) dan modifikasi model (termasuk warna dan ukuran). Faktor-faktor yang menghambat pengembangan produk PT.X antara lain, persaingan di antara perusahaan di pasar dan menurunnya minat beli konsumen. Di samping itu juga terdapat faktor-faktor yang mendorong pengembangan produk PT.X, yaitu: perkembangan tehnologi, permintaan pasar dan konsumen yang semakin selektif, modifikasi model yang berhubungan dengan alasan estetika dan keinginan perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Pengaruh pengembangan produk pada penjualan produk PT.X yang agak kuat dapat terlihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0.83 dan nilai determinasi sebesar 77,44%, bila £aktor-faktor lain seperti harga, biaya dan distribusi dianggap tetap (ceteris paribus). Dari hasil analisis terlihat bahwa dengan dilakukannya pengembangan produk, perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan mempertahankan posisinya di pasar. |