Pemasaran dapat dikatakan baik, apabila dapat menghasilkan suatu produk yang diinginkan oleh konsumen, penetapan harga yang tepat serta mendistribusikan dan mempromosikan secara objektif dan efisien. Melalui analisis tanggapan konsumen terhadap diferensiasi produk, perusahaan dapat memperoleh informasi yang penting, yang nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memproduksi suatu barang. Diferensiasi produk juga diharapkan dapat mempertahankan kepopuleran merk bahkan meningkatkannya. Penulis mengumpulkan data untuk skripsi ini dengan metode riset kepustakaan dan wawancara langsung dengan konsumen melalui Daftar Kuesioner tentang diferensiasi produk yang dilakukan oleh PT. Hawaii Confectionery Factory. Dalam skripsi ini penulis mencoba menganalisa pengaruh diferensiasi produk terhadap hasil penjualan produk dari perusahaan. Berdasarkan penelitian dan analisa penulis terhadap PT. Hawaii Confectionery Factory ternyata dapat diketahui bahwa diferensiasi produk dapat memberikan pengaruh sebesar ± 85 % dan sisanya 15% adalah faktor-faktor lain, baik berupa bauran pemasaran dan kondisi perekonomian. Berdasarkan uji statistik yang dilakukan oleh penulis terhadap diferensiasi produk dan volume penjualan adalah signifikan. Dengan kata lain secara statistik hubungan ini sungguh-sungguh ada. Berdasarkan pengamatan penulis, PT. Hawaii Confectionery Factory mengadakan diferensiasi produk kembang gula hanya pada peak season saja sedangkan diluar pada masa itu PT. Hawaii Confectionery Factory tidak mengadakan diferensiasi produk. |