Pemasaran dapat dikatakan baik jika dapat menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan pengembangan produk merupakan suatu cara untuk memenuhi keinginan konsumen tersebut. Dengan perkembangan produk yang ada, konsumen diberikan kesempatan lebih banyak untuk memilih produk yang disukai dan tidak berpaku hanya pada satu macam produk tertentu saja, dan hal ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan selera konsumen, terutama pada perusahaan PT. Intigarmindo Persada dalam memilih berbagai produk jeansnya. Usaha-usaha yang dapat dilakukan pemasar dalam mengembangkan produknya antara lain adalah mengembangkan atau mengubah dan menambah penampilan produk agar terlihat lebih menarik, meningkatkan kualitas produk atau mengembangkan mode-mode tambahan yang lebih menarik yang disukai konsumen. Penulis mengumpulkan data untuk skripsi ini dengan metode riset kepustakaan dan wawancara secara langsung dengan manajer personalia PT. Intigarmindo Persada (bab III). Pada masa sekarang ini penulis mencoba membandingkan bahwa pengembangan produk dapat meningkatkan penjualan celana jeans seperti yang diproduksi oleh PT. Intigarmindo Persada berdasarkan uji statistik yang dilakukan oleh penulis terhadap pengelompokan bila pengembangan produk dan volume penjualan adalah signifikan. Dengan kata lain secara statistik hubungan ini sungguh-sungguh ada. Berdasarkan pengamatan penulis, PT. Intigarmindo banyak mengeluarkan jenis produk baru dalam rangka mengembangkan produknya seperti ikat pinggang, t'shirt atau kemeja dengan berbagai motif dan model yang disesuaikan dengan selera konsumen. Dan selain itu hendaknya PT Intigarmindo Persada juga memperhatikan factor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penjualan terutama pada faktor-faktor yang dapat dikendalikan seperti promosi, karena hal itu dapat mempengaruhi peningkatan penjualan produknya. |