Menganalisa seberapa besar pengaruh biaya personal Selling terhadap peningkatan volume penjualan berupa pendapatan Premi Asuransi pada PT. Asuransi Lippo E - Net Tbk (Menara Matahari - Tanggerang) selama 5 tahun terakhir dari tahun 1996 – 2000 yang diperoleh dari pihak perusahaan. Kegiatan personal selling mempunyai peranan yang sangat penting bagi perusahaan karena dengan adanya personal selling para agen dapat bertatap muka secara langsung dengan prospek, menciptakan keakraban antara agen dengan prospek, dan prospek dapat memberikan tanggapan (respon) terhadap produk asuransi yang ditawarkan. Melalui personal selling juga, para agen dapat bertindak sebagai perantara antara perusahaan dengan prospek sehingga kegiatan personal selling mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Dalam menganalisa data-data yang diperoleh, penulis menggunakan analisa koefisien korelasi, di mana diperoleh nilai r sebesar 0,7193 atau 71,93% menunjukkan bahwa hubungan antara biaya personal selling (agen) dengan peningkatan penjualan produk berupa premi asuransi adalah kuat dan positif. Juga dengan koefisien determinan maka diperoleh hasil sebesar 0,52 yang berarti naik turunnya penjualan dipengaruhi sebesar 52% dari biaya personal selling sedangkan 48% olah faktor-faktor lain yang mendukung penjualan. Selain itu, hasil penjualan hipotesis (level of significance) sebesar 95% menunjukkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Artinya bahwa antara biaya personal selling dan tingkat penjualan terdapat hubungan yang positif yang artinya kenaikan biaya personal selling (agen) akan meningkatkan hasil penjualan produk berupa premi asuransi di PT. Asuransi Lippo E-net Tbk. ini. |