Secara umum materi yang dibahas dalam skripsi ini didasari atas penelitian terhadap tingkat persepsi konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Carrefour sebagai tempat perbelanjaan yang baru berkembang saat ini. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dari persepsi konsumen sehingga dapat memberikan masukan yang penting bagi Hypermarket Carrefour dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Penelitian yang dilakukan penulis, yaitu: dengan mengambil 140 responden untuk dijadikan obyek penelitian dan hasil yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan skala evaluasi dengan menghitung nilai rata rata dan nilai rata-rata total dari masing-masing variabel. Dari hasil yang telah diproyeksikan ke dalam tabel-tabel sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada/tidaknya hubungan dari masing-masing variabel yang diteliti oleh penulis dan dapat diketahui adanya keunggulan dari pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Carrefour kepada para konsumen yang berbelanja dalam hal keramahan pegawai, kecepatan pelayanan, kenyamanan toko, kelengkapan barang, susunan barang, petunjuk produk, kebersihan toko, keamanan toko, fasilitas parkir, lokasi, dan frekuensi berbelanja per bulan. Hal-hal tersebut diatas dihubungkan dengan variabel-variabel: jenis kelamin responden, usia responden, dan profesi responden. Dari analisis bab IV variabel yang mempunyai tingkat kepuasan yang terbesar adalah kebersihan toko. Responden berpendapat bahwa sebagian besar pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Carrefour sudah baik namun masih ada beberapa yang dianggap oleh para konsumen kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis bab IV pada hasil evaluasi beberapa atribut responden dimana urutan terakhir adalah kelengkapan barang. Penulis mencoba untuk memberikan beberapa saran atau masukan yang perlu dikembangkan oleh Hypermarket Carrefour, yaitu perlu dibuatnya Departemen untuk pemeliharaan dan perbaikan kualitas dan mutu pelayanan dari berbagai segi sehingga memudahkan Hypermarket Carrefour mengetahui keluhan-keluhan para konsumen dan apa yang sedang dibutuhkan para konsumen. |