Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:17 WIB
Detail
ArtikelPerilaku membaca mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman  
Oleh: Karuna, Kalvin
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 15 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas, page 277-280.
Topik: Perilaku membaca; schemata
Fulltext: 277 Kalvin Karuna-OK.pdf (332.16KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 15
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku mahasiswa dalam membaca teks berbahasa Jerman. Perilaku yang menjadi focus deskripsi meliputi (1) frekuensi membaca dan jenis atau bahan bacaan, (2) cara atau langkah-langkah memahami berbahasa berbahasa Jerman. Data tentang perilaku membaca mahasiswa ini diperlukan sebagai acuan bagi perencanaan dan pelaksanaan mata kuliah Arbeit am Text. Dalam perkuliahan „Arbeit am Text“ mahasiswa dilatih untuk membaca dan memahami teks secara efektif dan efisien. Penelitian ini mencoba untuk mendeskrisikan perilaku membaca mahasiswa dengan memperhaikan sub-subfokus dan teori-teori yang menjadi acuan. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan wawancara secara terbuka terhadap mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) mahasiswa belum menjadikan membaca sebagai kebutuhan akademik dalam mengembangkan diri baik dari sisi pemerolehan bahasa maupun dari sisi pemerolehan informasi yang berkaitan dengan studinya. (2) mahasiswa belum dapat menerapkan cara membaca yang efektif dan efisien dalam memahami sebuah teks bahasa asing. (3) perilaku membaca yang tidak efektif dan efisien dapat mengakibatkan rasa frustrasi, karena tidak dapat memahami maksud teks yang dibaca walaupun telah menggunakan kamus. Pada kondisi seperti ini mahasiswa akan memutuskan untuk tidak melanjutkan kegiatan membacanya. Berdasarkan temuan di atas, maka dapat dikemukakan bahwa perilaku membaca mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman termasuk tidak efektif dan efisien. Oleh karena itu temuan penelitian ini perlu mendapat perhatian dan dipertimbangkan dalam perencanaan perbaikan content mata kuliah “Arbeit am Text” serta mata kuliah kebahasaan lainnya yang berkaitan dengan pemahaman teks.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)