PT Great River merupakan perusahaan yang memproduksi pakaian jadi untuk pria maupun wanita dengan ukuran, bahan dan fungsi yang beraneka ragam. Produk merupakan salah satu unsur yang penting dari bauran pemasaran selain harga, promosi dan distribusi, Pengembangan produk mempunyai peran yang sangat penting dalam tnenentukan hasil penjualannya Agar kegiatan pengembangan produk tersebut dapat berhasil dengan baik, maka perusahaan harus menyusun suatu strategi yang efektif dan efisien. Apabila perusahaan hanya menetapkan harga yang bersaing, promosi yang gencar, dan sistem distribusi yang baik tanpa melakukan kegiatan pengembangan produk, maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maksimal. Hal ini diakibatkan oleh kecenderungan konsumen yang sudah bosan ataapun jenuh dengan model pakaian yang ditawarkan perusahaan. Dari hasil analisis yang penulis lakukan mengenai hasil dari perhitungan Korelasi ( R ) sebesar 0.904629384 dimana biaya pengembangan produk ( X ) sebesar 672,744,000,000 dan hasil penjualan ( Y ) sebesar 824,907,000,000. ini semua menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan positif antara biaya pengembangan produk dengan hasil penjualan. Oleh sebab itu perusahaan sebaiknya sering melakukan kegiatan pengembangan produk yang didukung oleh anggaran pengembangan produk yang lebih besar pula. |