Anda belum login :: 17 Feb 2025 10:27 WIB
Detail
BukuAnalisis Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Isi Majalah Femina
Bibliografi
Author: Bonnitasari, Peromia ; Widodo, Stephanus Emanuel (Advisor)
Topik: CONSUMMER; QUALITY; Pemasaran; Kualitas; Bauran Pemasaran; Perilaku Konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2001    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Peromia Bonittasari's Undergraduate Theses.pdf (3.71MB; 6 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-3985
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Persaingan yang terjadi di dalam sistem ekonomi pasar merupakan tantangan bagi setiap perusahaan dalam usahanya untuk mempertahankan posisinya di pasar dan usaha untuk menarik pelanggan baru bagi produk yang dihasilkan. Salah satu contoh adanya persaingan yang akan penulis bahas adalah persaingan di antara perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam dunia pers. Dalam hal ini, penulis membahas usaha penerbitan majalah. Majalah merupakan salah satu bentuk media komunikasi massa. Sesuai dengan fungsi media massa yaitu sebagai alat untuk memberikan informasi, hiburan, dan melaksanakan kontrol sosial, maka penerbitan majalah dimaksudkan untuk menyajikan informasi tentang berbagai hal atau peristiwa yang belum diungkapkan oleh surat kabar. PT. Gaya Favorit Press adalah sebuah perusahaan penerbitan majalah yang didirikan oleh Mirta Kartohadiprodjo, Widarti Gunawan, dan Atika Makarim. Femina merupakan majalah wanita pertama yang diterbitkan oleh perusahaan ini pada tanggal 18 September 1972 di Jakarta. Majalah ini dikhususkan bagi kaum wanita yang berisikan info-info aktual seputar dunia kaum wanita. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis memberi judul :"Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Isi Majalah Femina". Penulis mencoba merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana karakteristik konsumen pembaca majalah Femina. Untuk mengetahuinya, penulis menggunakan variabel-variabel karakteristik demografi seperti jenis kelamin (dalam hal ini yang dipilih adalah konsumen pembaca wanita), usia, pekerjaan, dan jurnlah pengeluaran rutin keluarga tiap bulan (status kelas sosial ekonomi).
2. Mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap kualitas isi majalah Femina, Dalam melakukan penelitian, metode yang digunakan penulis adalah ;
1. Metode Pengumpulan Data, dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan
lapangan. Adapun penelitian lapangan, dilakukan melalui wawancara dengan pemimpin redaksi dan manajer lapangan bagian pemasaran dan distribusi majalah. Femina serta penyebaran 100 buah kuesioner kepada 100 orang responden pembaca majalah Femina yang berdomisili di DKI Jakarta.
2. Metode Analisis Data, dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif atau statistik. Secara kuantitatif, analisis dilakukan dengan menggunakan metode prosentase sederhana dengan distribusi frekuensi dan rumus Overall Mean Score (QMS).
Berdasarkan uraian dari bab-bab yang ada pada skripsi, penulis menyimpulkan bahwa:
1. Karakteristik konsumen pembaca majalah Femina sebagian besar adalah wanita, berusia 20 tahun ke atas, berprofesi sebagai karyawan atau pegawai, dan memiliki jumlah pengeluaran rutin keluarga tiap bulan sebesar Rp. 500.000 ke atas (berasal dari kelas sosial ekonomi C1, B, A2, dan A1).
2. Secara umum mutu (kualitas) majalah Femina rata-rata dinilai oleh konsumen secara keseluruhan berada pada rentang biasa saja sampai dengan bermutu.
3. Mutu (kualitas) desain cover majalah Femina rata-rata dinilai oleh konsumen secara keseluruhan berada pada rentang biasa saja sampai dengan bagus.
4. Dalam hal tingkat kesukaan konsumen pembaca terhadap rubrik-rubrik yang ada di majalah Femina, maka rubrik Kecantikan memiliki nilai tertinggi (biasa saja sampai hampir mendekati disukai) berdasarkan rata-rata penilaian konsumen secara keseluruhan.
5. Rata-rata konsumen secara keseluruhan menilai rubrik Mode sebagai rubric yang memiliki cara penyajian paling menarik.
6. Rata-rata konsumen secara keseluruhan menilai rubrik Kecantikan sebagai rubrik yang memiliki tingkat pemenuhan kebutuhan akan informasi paling memenuhi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.3125 second(s)