Anda belum login :: 23 Nov 2024 18:30 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kecerdasan interpersonal Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu  
Oleh: Ritonga, Cerdik
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 16 no. 2 (Aug. 2014), page 71-81.
Topik: pendekatan pembelajaran; quantum learning; ekspositori; kecerdasan interpersonal; hasil belajar IPA Terpadu
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: TT46
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa. Untuk kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran quantum learning, sedangkan kelompok kontrol menggunakan ekspositori. Hasil penelitian dihitung dengan ANAVA kemudian dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar IPA Terpadu siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran quantum learning lebih tinggi daripada ekspositori; (2) ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran quantum learning dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPA Terpadu; (3) hasil belajar IPA Terpadu siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran quantum learning lebih tinggi daripada ekspositori untuk kelompok siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi; (4) hasil belajar IPA Terpadu siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada quantum learning untuk kelompok siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)