Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:19 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Business Intelligence pada Perusahaan Minuman Ringan
Oleh:
Rizki, Yanis Aulia
;
Suroso, Arif Imam
;
Ramadhan, Arief
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Manajemen Teknologi vol. 15 no. 3 (2016)
,
page 279-296.
Topik:
Perusahaan minuman ringan
;
tata kelola TI
;
business intelligence
;
COBIT framework 4.1
;
maturity level
;
importance performance analysis (IPA)
Fulltext:
1836-3667-2-PB.pdf
(18.57MB)
Isi artikel
Implementasi Sistem Informasi Business Intelligence (BI) berperan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang lengkap, berkualitas, dan sesuai kebutuhan dari setiap tingkatan dan fungsi unit bisnis sehingga dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tata kelola BI pada satu perusahaan penyedia minuman ringan di Indonesia (PMRI). Evaluasi melalui investigasi sumber daya sistem informasi dengan metode kualitatif deskriptif, analisis tingkat kematangan dengan menggunakan maturity model COBIT framework 4.1 serta analisis kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan yang variabelnya diambil dari model DeLone dan McClane serta di analisis menggunakan Importance Performance Analyst (IPA). Hasil penelitian menunjukkan hasil investigasi sumber daya sistem informasi mendukung implementasi BI namun perlu dilakukan peningkatan. Berdasarkan pengukuran maturity model secara keseluruhan proses sudah mengikuti kaidah-kaidah yang baik dan benar sesuai dengan COBIT framework dan Maturity Level-nya berada diantara level: 2 - Repeatable dan level: 4 – Managed. Selanjutnya, berdasarkan analisis IPA, kualitas sistem yang kinerjanya rendah dan menjadi perioritas perbaikan bagi PMRI adalah keandalan sistem, kecepatan akses serta efisiensi, sedangkan kinerja yang rendah pada kualitas informasi yaitu atribut akurasi dan tepat waktu, sedangkan kinerja yang rendah pada kualitas layanan yaitu atribut keandalan dan responsif. Perbaikan fokus pada peningkatan kinerja, perencanaan dan pengelolaan BI.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)