Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:44 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Interaksi Ibu dan Anak Retardasi Mental melalui Pelatihan Bermain Pura-Pura  
Oleh: Fithriya, Suci ; Lestari, Sri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Psikologi vol. 41 no. 2 (Dec. 2014), page 165 - 178.
Topik: interaksi ibu dan anak retardasi mental; pelatihan bermain pura-pura
Fulltext: 6947-12192-1-PB.pdf (515.13KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan menguji pengaruh pelatihan bermain pura-pura bersama anak terhadap peningkatan interaksi ibu dan anak retardasi mental. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan ibu yang memiliki anak retardasi mental berusia di bawah lima tahun yang diperoleh secara random. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group. Empat ibu sebagai kelompok kontrol, dan empat ibu sebagai kelompok perlakuan. Pelatihan bermain pura-pura bersama anak dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama dan kedua dilakukan secara kelompok, dan tahap ketiga dan keempat dilakukan secara individu. Skala interaksi ibu dan anak digunakan untuk mengukur perbedaan interaksi ibu dan anak sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Tindak lanjut penelitian dilakukan tigabelas hari setelah pelatihan bermain pura-pura bersama anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan bermain pura-pura bersama anak berdampak pada interaksi ibu dan anak retardasi mental yang lebih bermakna.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)