Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:51 WIB
Detail
ArtikelPeran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar  
Oleh: Mustadi, Ali ; Sumardi ; Zubaidah, Enny
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 3 (Oct. 2016)
Topik: komite sekolah; mutu pembelajaran; Sekolah Dasar
Fulltext: 10578-27892-her-PB.pdf (529.81KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan peran komite sekolah ditinjau dari peningkatan mutu pembelajaran di SD se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan evaluasi model Stake. Subjek penelitian adalah komite sekolah, kepala sekolah, dan guru SD di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis lewat penghitungan persentase dan disimpulkan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tahap antecedent (input dan perencanaan) pemahaman responden terhadap rancangan program implementasi peran Komite Sekolah belum sepenuhnya sesuai dengan standar dan berkategori cukup dengan persentase 36%. (2) Tahap transaction terhadap implementasi program komite sekolah telah terlaksana dengan kategori baik (58%). (3) Tahap outcomes, yaitu evaluasi terhadap implementasi peran Komite Sekolah terhadap tahap antecedent dan transaction masuk kategori cukup (47%). Implementasi peran program komite sekolah di SD Kabupaten Bantul belum memenuhi standar 100%. Oleh karena itu, hasil temuan dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan kinerja dari semua pihak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.046875 second(s)