Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:11 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Supervisi Klinis Berbasis Informasi dan Teknologi  
Oleh: Rugaiyah
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 3 (Oct. 2016), page 421-431.
Topik: supervisi klinis; informasi dan teknologi; kompetensi guru
Fulltext: 10429-27898-her-PB.pdf (1.6MB)
Isi artikelPenelitian bertujuan mengembangkan model supervisi klinis berbasis informasi dan teknologi. Penelitianini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), meliputi tahap-tahap research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing. main product revision, main field testing, operational product revision,operational field testing, final product revision, dissemination and implementation. Data dikumpulkan lewat wawancara dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, berdasarkan kajian konsep model supervisi klinis dikembangkan berbasis konsep yang dikemukakan Glickman lewat lima tahap: (1) prakonferensi dengan guru; (2) observasi kelas; (3) analisis interpretasi observasi dan menetapkan pendekatan konverensi; (4) pertemuan yang dilakukan setelah melakukan observasi; (5) pelaksanaan kritik empat langkah. Kelima tahapan tersebut dilakukan dengan memanfaat informasi dan teknologi. Kedua, persepsi dan pemahaman guru, kepala sekolah tentang supervisi klinis belum tuntas. Ketiga, mengembangkan panduan supervisi klinis berbasis informasi dan teknologi sebagai terobosan untuk memandu guru meningkatkan kompetensi mengajarnya dan pihak yang terlibat pelaksanaan supervisi klinis berbasis informasi dan teknologi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)