Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:28 WIB
Detail
ArtikelPerbaikan Instruksional dalam Implementasi Assessment-Based Learning di Kelas Matematika  
Oleh: Purnomo, Yoppy Wahyu
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 3 (Oct. 2016), page 403-411.
Topik: assessment-based learning; lesson study; pembelajaran matematika; calon guru sekolah dasar; praktik instruksional
Fulltext: 8821-27902-1-PB.pdf (478.67KB)
Isi artikelTujuan penelitian untuk mengidentifikasi perbaikan instruksional calon guru lewat implementasi assessment-based learning pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian dilakukan denganparticipatory action researchyang dan prosedur lesson study. Subjek penelitian adalah lima calon guru sekolah dasar yang sedang praktik pengalaman lapangan di sekolah dasar di Jakarta Timur. Data dikumpulkan lewat pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan jurnal, sedang analisis data dilakjkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa secara kolaboratif, calon guru berupaya untuk memodifikasi praktik dan meningkatkan perhatian terhadap pertanyaan terbuka dan penilaian sejawat. Perbaikan instruksional terjadi bersamaan dengan perbaikan implementasi assessment-based learning.Calon guru lebih dapat memaksimalkan umpan balik sebagai cara untuk mengkases perkembangan belajar siswa secara lebih komprehensif dan melakukan perbaikan instruksional. Kegiatan lesson studymemebrikan umpan balik secara langsung kepada calon guru untuk melakukan refleksi diri dan mendapat masukan dari teman sejawat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)