Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:23 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Model Pembelajaran Kuantum dan Teknik Merangkum Terhadap Penalaran Mahasiswa  
Oleh: Astawan, I Gede ; Rati, Ni Wayan
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 3 (Oct. 2016), page 330-338.
Topik: pembelajaran kuantum; teknik merangkum; penalaran
Fulltext: 8816-27895-her-PB.pdf (557.91KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mengetahui: (1) perbedaan penalaran mahasiswa antara kelompok model pembelajaran kuantum dan pembelajaran konvensional; (2) perbedaan penalaran mahasiswa antara kelompok merangkum dengan teknik peta pikiran dan teknik konvensional; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan teknik merangkum terhadap penalaran mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester II Jurusan PGSD FIP Undiksha. Sampel diambil dengan teknik random. Data yang dikumpulkan adalah penalaran mahasiswa dengan tes penalaran. Data dianalisis dengan anava dua jalan faktorial 2 x 2.Temuan penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan penalaran mahasiswa antara kelompok model pembelajaran kuantum dan kelompok pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan penalaran mahasiswa antara kelompok merangkum dengan teknik peta pikiran dan teknik konvensional. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan teknik merangkum terhadap penalaran mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan dosen untuk menggunakan model pembelajaran kuantum dan merangkum dengan teknik peta pikiran dalam rangka meningkatkan penalaran mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)