Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:09 WIB
Detail
ArtikelPerkembangan Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi Pada Pendekatan Konkuren  
Oleh: Anwar, Yenny ; Rustaman, Nuryani Y. ; Redjeki, Sri ; Widodo, Ari
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 3 (Oct. 2016), page 349-356.
Topik: pendidikan guru biologi; pedagogical content knowledge; pendidikan guru konkuren; calon guru biologi
Fulltext: 8251-27897-her-PB.pdf (1.62MB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tahap perkembangan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program konkuren. Perkembangan Pedagogical Content Knowledge diteliti selama satu tahun setelah semester ganjil dan praktik mengajar, dengan menggunakan metode Cross-sectional study. Data dikumpulkan dari CoRe dan PaP-eRs yang dibuat calon guru dan hasil wawancara. Sebagai data tambahan pelaksanaan pembelajaran oleh calon guru juga diobservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge calon guru biologi yang mengikuti program pendidikan guru pada pendekatan konkuren mengalami peningkatan secara bertahap dari waktu ke waktu, mulai dari pra menjadi growing PedagogicalContent Knowledge. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan Pedagogical Content Knowledge calon guru ini bersifat kontinum dan bertahap sesuai proses pada tiap tahapan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)