Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kompetensi Profesional dan Pedagogi Mahasiswa dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan
Oleh:
Hadiprayitno, Gito
;
Ramdani, Agus
;
Jamaluddin
;
Karnan
;
Sukri, Akhmad
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 2 (Jun. 2016)
,
page 292-299.
Topik:
kompetensi profesional
;
kompetensi pedagogi
;
PPL
Fulltext:
8093-24169-her-PB.pdf
(1.66MB)
Isi artikel
Penelitian bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional dan pedagogi mahasiswa dalam pelaksanaan program pengalaman lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 16 mahasiswa yang melaksanakannya di tujuh sekolah (SMP dan SMA). Data dikumpulkan melalui observasi dan angket. Instrumen angket terdiri atas perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif melalui analisis skor instrumen penilaian perencanaan pembelajaran, lembar kerja analisis pembelajaran (IPPP), dan angket kompetensi profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi mahasiswa PPL dalam membuat kegiatan perencanaan pembelajaran berada dalam kategori sesuai seluruhnya (rerata 2,74), sedangkan kompetensi pedadogi dan profesional mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran masuk ke dalam kategori sangat baik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)