Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:41 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Praktik Mengajar Calon Guru Ekonomi Terhadap Keyakinan Efikasi Mengajar dan Manajemen Kelas (Kajian Teori Kognitif Sosial)  
Oleh: Susilowati, Nurdian ; Latifah, Lyna
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 2 (Jun. 2016), page 284-291.
Topik: praktik mengajar; keyakinan efikasi mengajar; keyakinan mengelola kelas; mahasiswa calon guru
Fulltext: 8087-24166-her-PB.pdf (1,016.55KB)
Isi artikelTujuan Penelitian adalah untuk (1) mengetahui peningkatan keyakinan efikasi mengajar sebelum dan sesudah melakukan praktik mengajar dan (2) mengetahui peningkatan keyakinan manajemen kelas sebelum dan sesudah melakukan praktik mengajar. Desain penelitian yang digunakan adalah Design One Group Pretest-Postes dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keyakinan efikasi mengajar calon guru setelah melakukan praktik mengajar berupa micro teaching. Keyakinan efikasi mengajar yang tinggi dapat menentukan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengajar. Selain itu, mahasiswa calon guru juga mempunyai keyakinan manajemen kelas yang meningkat setelah melakukan praktik mengajar. Keyakinan manajemen kelas yang baik dapat menentukan proses pembelajaran yang efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)