Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:44 WIB
Detail
ArtikelEfek Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Media Visual dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa  
Oleh: Derlina ; Nst, Lia Afriyanti
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 2 (Jun. 2016), page 153-163.
Topik: model pembelajaran inquiry training; kreativitas; keterampilan proses sains
Fulltext: 8080-24157-her-PB.pdf (1.35MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantuan media visual dan kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Amir Hamzah Medan. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan satu kelas kontrol dibelajarkan secara konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas. Data dianalisis secara deskriftif dan inferensial. Analisis deskriftif mendiskripsikan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa, sedang analisis inferensial untuk menguji hipotesis dengan Anova. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media visual lebih baik daripada yang dibelajarkan secara konvensional; (2) keterampilan proses sains siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa dengan kreativitas rendah; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional dengan kreativitas siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)