Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:38 WIB
Detail
ArtikelModel Blended Learning di Program Studi Pendidikan Matematika Untirta  
Oleh: Mutaqin, Anwar ; Marethi, Indiana ; Syamsuri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 1 (Feb. 2016), page 134-141.
Topik: blended learning; calon guru matematika; content knowledge
Fulltext: 8384-21343-her-PB.pdf (543.74KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan bidang studi (content knowledge) sebagai unsur pembentuk kompetensi mahasiswa calon guru matematika dengan pembelajaran blended learning. Pengetahuan bidang studi dalam hal ini disebut hasil belajar. Desain penelitian menggunakan kuasi eksperimen karena akan membandingkan pengaruh suatu perlakuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Untuk uji persyaratan normalitas, digunakan uji Kolmogorov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas digunakan uji Levene. Untuk mengetahui perbedaan rerata, digunakan uji-t jika data berdistribusi normal. Sementara, jika data tidak berdistribusi normal digunakan uji Mann-Whitney. Hasil tes akhir pembelajaran dibandingkan untuk mengetahui pengaruh blended learning terhadap hasil belajar. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hasil belajar kelas blended learning lebih baik daripada kelas biasa. Selain itu, mahasiswa blended learning lebih aktif mengerjakan tugas daripada kelas biasa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)