Anda belum login :: 13 Mar 2025 10:26 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Keterampilan Psikologis Model Bimbingan Konseling Proaktif untuk Guru Sekolah Dasar
Oleh:
Atamimi, Nuryati
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 3 (Oct. 2015)
,
page 421-433.
Topik:
bimbingan konseling
;
persepsi diri
;
harga diri
;
motivasi kerja
Fulltext:
7358-18967-her-PB.pdf
(119.45KB)
Isi artikel
Model bimbingan dan konseling proaktif dirancang sebagai upaya untuk melatih dan membekali para guru dengan kemampuan psikologi yang diperlukan. Penelitian ini dilakukan di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Terdapat delapan guru yang termasuk dalam kelompok perlakuan dan delapan wali murid sebagai kelompok kontrol. Subjek penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan pre-test dan post-test. Model BK-Proaktif diberikan melalui pelatihan keterampilan psikologi oleh tim 6 jam setiap hari selama 2 hari. Peneliti mengamati efektivitas perlakuan selama 4 bulan sejak perlakuan diberikan dengan mengamati dan menginterviu subjek penelitian dan orang-orang yang telah mengenal subjek lebih dari satu tahun. Post-test diberikan saat observasi terakhir. Analisis data diolah menggunakan analisis kuantitatif, statistik Mann Whitney dan analisis kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak ada perbedaan persepsi diri, self-esteem, dan motivasi kerja antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol pada Pre-post 2.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)