Anda belum login :: 26 Nov 2024 18:03 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat
Oleh:
Mulbar, Usman
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015)
,
page 278-287.
Topik:
desain pembelajaran matematika
;
sistem sosial masyarakat
Fulltext:
4832-12158-1-SM.pdf
(1.23MB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran matematika dengan memanfaat-kan sistem sosial masyarakat untuk menumbuhkembangkan budaya kesatria dan integritas diri siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang produknya diharapkan dapat memfasilitasi proses belajar mengajar matematika. Sesuai dengan tahapan pengembangan, diperoleh hasil adalah sebagai berikut. Pertama, teori yang digunakann untuk mengembangkan desain pembelajaran adalah modifikasi mo-del pengembangan sistem instruksional pembelajaran Thiagarajan. Fase-fase pengembangan yang dilalui adalah tahap: (1) pendefinisian (define); (2) perancangan (design); dan (3) dan pengembangan (develop). Ke-dua, desain pembelajaran matematika yang memanfaatkan sistem sosial masyarakat (rencana pelaksanaan pembelajaran, buku petunjuk guru, buku siswa, lembar kegiatan siswa, dan tes hasil belajar matematika) berkualitas baik adalah memenuhi kriteria validitas, praktisitas, dan efektivitas. Tes hasil belajar matematika dalam funginya sebagai instrumen penelitian memenuhi kriteria validitas, sensitivitas, dan reliabilitas. Vali-ditas setiap item tes hasil belajar adalah sangat tinggi dan tinggi, sensititivitas setiap item tes memiliki kepe-kaan, dan reliabilitas tes sangat tinggi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)