Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:05 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran untuk Anak dengan Masalah Perilaku  
Oleh: Purwanta, Edi ; Pujaningsih ; Mahabbati, Aini ; Purwanta, Heri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 33 no. 2 (May 2014), page 198-210.
Topik: masalah perilaku; model modifikasi terintegrasi
Fulltext: 2147-5950-1-PB.pdf (2.77MB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan perilaku yang banyak ditemukan di SLB E, mengetahui kebutuhan guru terkait penanganan permasalahan perilaku, dan mengembangkan model modifikasi perilaku terintegrasi pembelajaran untuk anak gangguan perilaku. Penelitian menggunakan pendekatan research and development dengan subjek penelitian siswa dan guru SLB-E Bina Putera Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan seperti berikut. (1) Perilaku bermasalah yang banyak ditemukan adalah bermasalah internal dan eksternal dengan latar belakang menghindar (escape) pembelajaran. (2) Kebutuhan guru dalam penanganan permasalahan perilaku berupa pengetahuan dan keterampilan asesmen perilaku dalam pembelajaran, merancang Program Pembelajaran Individual (PPI) sesuai dengan karakteristik individual siswa dengan memasukkan unsur pengelolaan perilaku bermasalah dalam skenario pembelajaran, dan teknik-teknik modifikasi perilaku yang integratif dengan pembelajaran. (3) Model modifikasi perilaku terintegrasi pembelajaran dimulai menemukan latar belakang perilaku bermasalah, modifikasi perilaku diawali dengan asesmen mendalam mengenai antecedent dan consequence dari perilaku, dan menerapkan perbaikan perilaku sesuai jenis dan latar belakang perilaku bermasalah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)